Jumat, 10 April 2015

Program sarana air bersih untuk desa Bantarwaru segera diperbaiki

Sebanyak 13 program dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) yang dilaksanakan di kecamatan Bantarkawung sejatinya adalah sukses, namun karena faktor alam yakni bencana tanah longsor sehingga ada dua program yang mengalami kerusakan dan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

"Kedua program yang mengalami kerusakan akibat benca alam yakni program irigasi petaunan kiri di desa Sindangwangi dan program pengadaan sarana air bersih Lebak Aul sepanjang 13 kilometer," ujar Estu Susilo selaku Ketua TPK MP3KI kecamatan Bantarkawung.

Estu menjelaskan bahwa, sedianya program irigasi petaunan kiri di desa Sindangwangi ini akan mengairi areal persawahan di wilayah desa sindangwangi dan desa Jipang seluas 70 hektar lebih. Dengan rusaknya infrastruktur tersebut, kerugiannya diperkirakan mencapai Rp. 600 juta. Hal itu lantaran kondisi bangunan yang tidak dapat diperbaiki lagi dan harus dilakukan penggantian kontruksi mulai dari awal lagi.

Kemudian untuk Program pengadaan sarana air bersih Lebak Aul yang sedianya dapat dimanfaatkan untuk masyarakat 3 desa yakni Bantarwaru, Bangbayang dan desa Jipang ini akan segera dilakukan perbaikan lantaran pentingnya air bersih bagi masyarakat desa.
Karena tingkat kerusakan terjadi disekitar sumber, jembatan pipa sepanjang 65 meter dan jaringan pipa air bersih itu sendiri sepanjang ratusan meter, sehingga untuk perbaikan sarana air bersih Lebak Aul itu, pihaknya menaksir sekitar Rp. 50 juta atau lebih.

" Kami akan mencoba upaya pinjaman ke pihak lain guna mengatasi persoalan air bersih ini, karena sarana air bersih lebak aul itu mampu mengairi sekitar 700 rumah dengan debit 9liter/detik," papar Estu.

Dirinya menegaskan, jika sarana air bersih ini bisa diperbaiki lagi, persoalan tahunan masyarakat desa Bantarwaru yang selalu krisis air bersih bisa tertuntaskan dan harapan masyarakat 3 desa yang sempat kandas bisa kembali bernafas lega dengan hadirnya sarana air bersih itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar