Selasa, 19 Mei 2015

KA seret carry sejauh 500 meter

Paguyangan - Akibat mogok ditengah perlintasan Kereta api masuk desa Pakujati kecamatan Paguyangan, sebuah mobil Carry bernopol G 1944 NC diseruduk Kereta Api (KA) dari arah Utara menuju selatan, Selasa (19/5/2015) sekira pukul 11.00 wib. 

Berdasarkan pantauan dilapangan, mobil carry yang dikemudikan Sumarno (50) warga Pakujati itu terseret KA Fajar utama jurusan pasar senen-Jogjakarta, kurang lebih sejuah 500 meter dari perlintasan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, pasalnya saat KA Fajar utama itu menyambar mobil carry, sang supir yang juga pemilik mobil langsung ditarik petugas perlintasan.

" Saya langsung saja menarik pak marno yang saat itu tengah berusaha mendorong mobilnya yang mogok. Sehingga hanya mobilnya saja yang terdorong KA jauh hingga 500 meteran," ungkap Agus Muntaat salah seorang petugas perlintasan.

Agus mengakui bahwa diperlintasan KA tersebut memang sangat kurang memenuhi standar kelayakan, dimana palang pintunya saja masih manual tidak menggunakan mesin dan disana juga belum ada peralatan yang mengindikasikan bahwa ada ketera yang hendak lewat/melintas.

"Hingga saat ini kami masih berpatokan pada asap, bunyi klakson KA serta percakapan radio antara masinis dengan penjaga perlintasan rel di Kreteg. oleh karenanya kami mohon kepada pihak terkait agar melengkapi sarana prasarana disini, guna mencegah kejadian serupa," papar Agus.

Kapolsek Paguyangan AKP I Wayan Pariharta membenarkan jika diwilayah hukum kerjanya telah terjadi kecelakaan antara KA Fajar utama jurusan pasar senen-Jogjakarta dengan sebuah mobil carry bernopol G 1944 NC di perlintasan KA masuk desa Pakujati kecamatan Paguyangan.

" Kejadian seperti ini memang kerap terjadi pada perlintasan KA yang kurang memenuhi standar dan juga pada perlintasan KA tanpa palang pintu. Hal itu karena sekitar beberapa meter sebelum KA melintas, biasanya akan terjadi peningkatan medan magnet direl yang akan dilintasi, sehingga banyak kejadian mobil mogok saat mencoba menerobos perlintasan rel tersebut," pungkas Kapolsek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar