Rabu, 08 Juli 2015

Harga kebutuhan di pasar induk Bumiayu lebih murah ketimbang pasar lain di Brebes

Bumiayu - Guna memantau perkembangan harga komoditas pangan strategis menjelang hari raya Idzul Fitri 2015 tepatnya memasuki H-9 ini, kantor ketahanan pangan Brebes bersama disperindag, dinkes, Bulog, dinas peternakan dan beberapa dinas terkait kembali melakukan sidak, Rabu siang (08 juli 2015) dipasar induk Bumiayu.

Hilal Bastomi pimpinan sidak mengatakan, langkah ini merupakan tindak lanjut dari sidak terdahulu guna pemantauan intensif terhadap perkembangan harga komoditas pangan strategis menjelang hari raya, apakah naik atau turun atau stabil dan apakah pasokanya aman atau mengkhawatirkan. Upaya pemantauan ini bukan hanya dilakukan dipasar induk Bumiayu saja, melainkan di 6 pasar milik pemkab brebes lainnya.

" Beberapa pasar yang kami lakukan pemantauan diantaranya, pasar ketanggungan, pasar bawang sengon, pasar Banjarharjo, pasar induk Brebes, pasar bawang klampok dan pasar induk bumiayu," ujar Hilal.

Menurutnya, dari hasil pemantauan tersebut untuk harga sejumlah kebutuhan pokok masih relatif terbilang stabil bahkan ada beberapa yang malah turun. Kemudian untuk stok kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, cabai, bawang, daging dan telur masih masuk zona aman dan masyarakat tak perlu khawatir.

" Sebenarnya untuk harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar induk Bumiayu ini, bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya yang ada di kabupaten Brebes. Buktinya saya beli daging kambing disini cuma Rp 90.000/kilogram, padahal di Brebes harganya sudah Rp.120.000 dan harga daging ayam disini hanya Rp.28.000 sementara di Brebes sudah Rp.32.000/kilogram,"papar Hilal.

Kepala pasar Induk Bumiayu, Purwati menyatakan perkembangan harga untuk sejumlah harga kebutuhan pokok memang ada yang turun dan adapula yang naik. Untuk harga kebutuhan yang mengalami penurunan yakni bawang merah dari harga Rp. 18.000/kilogram menjadi 16.000/kilogram, sementara untuk harga kebutuhan yang mengalami kenaikan diantaranya Cabai merah kriting dan biasa dari harga Rp.20.000/kilogram kini menjadi Rp 30.000/kilogram, kemudian untuk harga cabai rawit dari Rp.25.000/kilogram menjadi Rp.35.000/kilogram.

" Selanjutnya untuk harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya masih terbilang stabil dan aman, insya Allloh pasokan kebutuhan untuk 10 hari terakhir dan pasca lebaran masih mencukupi dan tidak ada kekhawatiran," tutup purwati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar