Selasa, 18 Desember 2018

Jumlah TPS bertambah 2 kalilipat


 Bumiayu - Jumlah TPS (tempat pemungutan suara) pada Pemilu serentak legislatif dan presiden/wakil presiden kali ini akan mengalami penambaham hingga 2 kalilipat dari jumlah TPS pada Pemilu Gubernur kemarin. 


Demikian dikatakan Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi di sela-sela acara sosialisasi tahapan kampanye bagi organisasi kepemudaan, mahasiswa dan masyarakat lainya, Selasa (18/12/2018) di Hotel Anggraeni Bumiayu.


Menurut Riza, penambahan jumlah TPS pada pemilu kali ini, karena untuk 1 TPS maximal terdiri dari 300 hak pilih/suara.  Sehingga jumlahnya naik 2 kalilipat lebih dibandingkan dengan pilihan gubernur yang lalu. 


" Untuk TPS sekabupaten Brebes pada Pemilu Legislatif dan Presiden / Wakil Presiden mendatang, jumlahnya mencapai 6.180 TPS," terang Riza.


Sementara saat disinggung soal kotak suara yang terbuat dari karton, Riza menjelaskan, Kotak suara pemilu 2019 memang terbuat  dari kertas jenis duplex atau karton kedap air, namun berbeda, bukan seperti untuk kardus mie instan atau kardus makanan lainya.


Dari segi kekutan tidak diragukan, karena saat uji coba dinaiki orang dewasa ternyata cukup kuat. Kemudian saat disemprot dengan air juga tidak rusak. Namun berbeda lagi jika kotak suara itu dimasukan ke dalam air, ini yang harus dibedakan.


"Untuk kotak suara dan kertas suara agar tidak rusak maka KPU Brebes akan membungkusnya dengan plastik sehingga tidak mudah rusak apabila terkena air," ungkapnya. (Dhani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar