Jumat, 30 September 2016

Pawangunan masih belum tersentuh Listrik

Bantarkawung - Masih saja di zaman sekarang ini ada sebuah perdukunan di Kabupaten Brebes yang belum tersentuh listrik. Pedukuhan yang dihuni oleh sekitar 600 jiwa itu adalah pedukuhan pawangunan desa Banjarsari kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, disana masyarakatnya hanya mengandalkan damar atau pelita untuk penerangan dikala malam.


Kadus Pawangunan Raskim menuturkan, sejak zaman dahulu kala pedukuhan pawangunan itu belum ada jaringan listrik yang masuk didaerah itu, hampir rata-rata masyarakatnya menggunakan damar alias pelita untuk penerangan. Namun ada juga warga yang terpaksa menyalur aliran listrik dari daerah lain bahkan kabupaten tetangga yakni dari kecamatan karang Pucung Kabupaten Cilacap.

"Alasan mereka memilih Nyalur dari Kabupaten tetangga karena belum ada jaringan listrik yang masuk di daerah tersebut. Kemudian jaraknya juga lebih dekat dengan pemukiman warga di dukuh pawangunan dibandingkan ke desa Banjarsari," ujarnya.

Kepala desa Banjarsari melalui Kaur pemerintahan, Johan mengatakan, untuk desa Banjarsari sebenarnya ada 3 perdukunan yang selama ini masih krisis listrik diantaranya pedukuhan Tarikembing, Cigunung dan Pawangunan. Namun dua diantaranya sudah ada listrik masuk pada masa pemerintahan Bupati Agung Widyantoro dan tinggal pedukuhan pawangunan yang belum dialiri listrik.
Bahkan mereka para warga masyarakat disana mengancam akan pindah kekabupaten tetangga jika pemerintah kabupaten Brebes tidak menanggapi permintaan mereka akan adanya jaringan listrik dipedukuhan pawangunan.

" Sebenarnya sudah ada beberapa tiang listrik yang sempat terpasang dan tinggal menunggu jaringan listriknya saja masuk. Dan karena lama tidak adanya jaringan listrik yang masuk kedaerah tersebut, sehingga beberapa tiang yang roboh tertimpa pohon pinus yang tumbang, akhirnya dibiarkan begitu saja, "Papar Johan.

Pihak desa sebenarnya telah melakukan upaya permohonan kepada pemerintah kabupaten Brebes, Akan tetapi hingga kini belum juga ada tanggapan, kapan realisasinyanya. Saat ini masyarakat berharap pemkab Brebes segera merealisasi permintaan jaringan listrik, karena kebutuhan listrik itu sangan penting bagi masyarakat terutama buat penerangan dan lainnya. (Dhani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar