Selasa, 06 September 2016

Harga Hewan Qurban naik signifikan

Bumiayu - Harga hewan kurban dipasar Hewan/wage Bumiayu atau tepatnya memasuki H-6 Hari raya idul Adha mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana untuk harga kambing naik antara Rp. 300-500 ribuan dan untuk harga Sapi juga meningkat antara Rp. 2-3 juta.


Peningkatan harga hewan kurban ini dilatar belakangi oleh meningkatnya animo masyarakat jelang hari raya idul adha atau hari raya Qurban.
Berdasarkan pantauan dilapangan menyebutkan, tampak puluhan pedagang beserta hewan kurbannya dari luar kotapun turut serta dalam transaksi hewan kurban di pasar Wage Bumiayu.

" Bagi para pedagang ini merupakan wage terakhir, karena pada wage berikutnya para pedagang sudah tidak mungkin lagi untuk jualan. Semuanya akan konsentrasi untuk hewan pesanan para panitia qurban, jadi misalkan ada yang jualan pada wage besok itu hanya untuk pembeli lokal saja," ujar Rizal pedagang asal Bandung dage kecamatan Bumiayu.

Susi salah seorang petugas pasar mengatakan, Harga hewan kurban pada tahun ini cukup bagus dibanding tahun sebelumnya  dan pergerakan tiap pasaran wage juga bagus.
 Terbukti untuk harga kambing dari harga wage lalu dikisaran Rp. 1,5 juta - 2 juta kini naik menjadi Rp 2 juta - 3 jutaan. Kemudian untuk sapi juga demikian, dari harga wage lalu dikisaran Rp. 15-16 juta naik menjadi Rp 17-20 jutaan.

" Dengan kata lain peningkatan harga untuk kambing antara Rp. 300-500 ribu dan untuk sapinya antara Rp. 2-3 juta," papar susi.

Sementara secara terpisah Kapala Puskeswan Bumiayu, drh Wiwin Kusumawati menyatakan, menjelang hari raya idul adha, selama dua pasaran wage pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban (Baik kambing, domba dan sapi) di pasar hewan Bumiayu ini. Bukan hanya pemeriksaan saja tetapi pihaknya juga melakukan pemberian obat cacing  (anthel metik) serta vitamin anti stress dan vit B komplek untuk ratusan kambing dan sapi di pasar hewan Bumiayu ini.

" Dari hasil pemeriksaan tersebut semua hewan ternak yang kami periksa semuanya aman. Kemudian nanti kita juga akan melakukan Postmortem yakni pemeriksaan daging dan jeroaan.  Pemeriksaan ini akan dilakukan sesaat setelah hewan kurban dipotong pada hari raya idul adha," pungkas drh. wiwin. (Rayhan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar