Selasa, 23 Juni 2015

PDAM IKK Bumiayu dan Bantarkawung jamin pasokan air aman selama bulan Ramadhan

Bumiayu - PDAM Ibu Kota Kecamatan (IKK) Bumiayu memastikan pasokan air bersih ke pelanggan di Bulan suci Ramadhan 1436 H, dijamin aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan 3.160 pelanggan yang ada di Kecamatan Bumiayu.

Menurut Kepala PDAM IKK Bumiayu Muflikhin ST bahwa, Untuk kebutuhan pasokan air bersih selama bulan Ramadhan, PDAM masih mengandalkan sumber air baku tuk Bulakan dan tuk Podol. Pasalnya dari kedua sumber tersebut, untuk debit airnya masih terbilang aman yakni, untuk tuk Podol sekitar 15 liter per detik dan tuk bulakan sekitar 15 liter per detik. Melihat dari debit kedua sumber tersebut, Saya yakin mampu mencukupi semua pelanggan PDAM di kecamatan Bumiayu ini," ungkap Muflikhin.

Dia menyatakan, terkait kendala yang mungkin akan dihadapi PDAM dalam pendistribusian air bersih ke semua pelanggan, salah satunya adalah faktor non teknis yakni perubahan iklim dan bencana yang mungkin terjadi. Bagaimanapun juga faktor non teknis ini tentunya akan berdampak langsung pada kondisi sumber air yang ada.
Kemudian mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, jika memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, pemakaian air bersih oleh konsumen/pelanggan akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sehingga pihak PDAM mencoba untuk  melakukan persiapan, mulai dari menjaga kualitas dan kuantitas air bersih.

" Kami juga waspada pada puncak kemarau  sekitar bulan Agustus 2015 hingga Maret 2016 mendatang, oleh karenanya kami akan melakukan penggiliran ketat dan akan menyiapkan suplai tangki," ungkapnya.

Sementara secara terpisah Dusto selaku Kepala PDAM IKK Bantarkawung mengatakan, pihaknya juga memastikan selama bulan Ramadhan dan lebaran 2015 ini, untuk 775 pelanggan PDAM di kecamatan Bantarkawung akan terpenuhi kebutuhan air bersihnya. Meskipun saat ini PDAM IKK Bantarkawung hanya mengandalkan Sumber dari mata air Cihirup dengan debit hanya 7-8 liter/detik, namun dia yakin dengan debit segitu akan mampu menyuplai air bersih kesemua pelanggan.

" Kami hanya menghimbau kepada semua pelanggan PDAM untuk lebih arif dan hemat dalam menggunakan air bersih, gunakanlah air sesuai kebutuhan saja, jangan boros dalam menggunakan air, mengingat kemarau masih panjang," pungkas Dusto.
(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar