Jumat, 24 April 2015

Intensitas Hujan tinggi sebuah talud ambruk dan ancam jalan kabupaten

Tonjong - Akibat Intensitas hujan yang tinggi sebuah Talud penahan tebing/jalan yang berada di dukuh pamijen RT 01/08 desa Tanggeran kecamatan Tonjong mengalami longsor dan ambruk sepanjang 40 meter dengan tinggi 7 meter, pada Jumat (24/04/15) sekira pukul 00.10 wib.

Ambruknya talud penahan tebing tersebut membuat sebuah warung klontong milik Wariah (55) terancam longsor dan  jalan kabupaten ruas Linggapura-Balapusuh juga terancam putus.

Pj Kepala Desa Tanggeran, Bastomi mengatakan, kejadian ini bermula ketika hujan lebat yang terjadi pada kamis sore (23/04/15) sejak pukul 16.00-18.30 wib membuat arus air sungai pedes meninggi hingga 5 meter. Akibat derasnya arus banjir sungai pedas sehingga aliran sungai menjadi tidak karuhan dan menghantam talud penahan tebing tersebut.

"Sekitar pukul 00.10 wib, kami mendapatkan laporan warga bahwa talud penahan tebing di dukuh pamijen Rt 01/08 itu longsor dan ambruk akibat diterjang banjir," kata Bastomi.

Bastomi menyatakan, longsor dan ambruknya talud penahan tebing ini sebenarnya sudah kali kedua terjadi yakni pada awal April 2015 lalu dan semakin diperparah pada jumat dini hari ini. Pihaknya menaksir untuk kerugian atas ambruknya talud penahan tebing itu sekitar Rp. 150 juta.

" Kami juga telah melakukan pendataan serta pemotretan dan telah melaporkan kejadian itu  ke pemkab Brebes melalui kantor kecamatan Tonjong. Kami sangat berharap agar pemerintah segera tanggap mengingat jalur tersebut merupakan jalur penghubung menuju kabupaten Tegal," pungkas Bastomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar