Rabu, 01 April 2015

Pasar Hewan Bumiayu akan di Revitalisasi dengan anggaran Rp.1,2 M

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati mengatakan di tahun anggaran 2015 ini, dinas peternakan kabupaten Brebes akan melanjutkan pembangunan dan pengembangan pasar Hewan Bumiayu. Dalam pembangunan dan pengembangan pasar hewan Bumiayu ini nantinya akan didanai dari alokasi anggaran APBN dan APBD senilai Rp. 1,2 Milyard.

" Dari total alokasi anggaran senilai Rp.1,2 Milyard tersebut diantaranya Rp 900 juta dari APBN dan Rp 300 juta bersumber dari APBD," terang Yulia saat berada di Bumiayu.

Yulia menyatakan, pihaknya akan melakukan pembangunan 3 los ternak dengan 1 los tertutup dan 2 los terbuka. Kemudian juga akan dibangun sarana MCK sebanyak 2 unit dan perkantoran serta RTH. Selanjutnya dinas perternakan kabupaten Brebes juga akan mendapat alokasi anggaran perubahan untuk pembangunan talud dan unit pengolahan limbah. Pasalnya syarat pendirian pasar hewan, maka perlu memiliki sarana pengolahan limbah. Sehingga nantinya yang keluar merupakan kotoran yang telah diolah terlebih dahulu.

"Pembangunan semua sarana dipasar hewan Bumiayu ini tiada lain bertujuan dalam rangka percepatan swasembada pangan melalui swansembada daging, sesuai arahan dari Menteri Peternakan," kata Yulia.

Yulia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan Bintek Fasilitasi Pemasaran Hasil Peternakan dan petetapan pengukuhan asosiasi pedagang, asosiasi peternak sapi dan 23 kelompok tani ternak yang ada di Brebes selatan. Karena bagaimanapun juga  baik peternak, pedagang dan pengolahan hasil ternak, merupakan satu kesatuan bidang peternakan yang memiliki keterkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar