Sabtu, 11 April 2015

Untuk kesekian kalinya Ciregol Amblas lagi

Tonjong - Jalan Nasional ruas Tegal-Purwokerto kembali ambles, pada Sabtu Sore  (11/04/15) di jalur Ciregol Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, tepatnya di Km 115,900. Akibat peristiwa amblasnya jalur ciregol itu, mengakibatkan sejumlah kendaraan terjebak macet karena kesulitan untuk melintas.

Berdasarkan pantauan dilapangan bahwa titik yang ambles merupakan lokasi tebing yang longsor pada pertengah Februari 2015 lalu. Dimana sejak tebing itu longsor, setiap kali hujan turun, retakan dikawasan itu semakin memburuk sehingga menyebabkan amblasnya jalur tersebut. Ruas jalan Ciregol yang amblas itu panjangnya mencapai 20 meter dengan kedalaman 2 meter, itupun masih fluktuatif, mengingat kontur tanah yang terus bergerak di lokasi kejadian.

Dari keterangan yang dihimpun dilapangan, pasca kejadian mulanya ruas jalan masih bisa dilalui oleh beberapa kendaraan, akan tetapi setelah terjadinya getaran tanah  pada pukul 18.00 WIB itu, pihak Kepolisian Polres Brebes menyatakan Jalur Ciregol ditutup sementara.

" Melihat kondisi yang sangat membahayakan dan demi keselamatan bersama, sehingga kami terpaksa menutup jalur ini untuk tidak dilalui oleh kendaraan," ujar Kapolres Brebes, AKBP Ferdi Sambo SH SIK MH.

Menurutnya, bagi kendaraan yang sudah terlanjur masuk perbatasan Brebes disarankan untuk melintasi jalur alternatif Kuta Mendala-Karang jongkeng- Linggapura, namun bagi yang masih sempat silahkan melalui  jalur Pemalang-Randudongkal-Purbalingga.

Guna mengantisipasi amblasnya badan jalan hingga memutuskan akses jalur Nasional, Kepolisian Resor Brebes langsung berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Resort Banyumas,Slawi dan Tegal Kota. Mengintruksikan bahwa kendaraan yang boleh melintas di jalur kawasan Ciregol yaitu hanya untuk kendaraan pribadi.

" Kami juga telah menyiapkan sebanyak 10 titik pos pengamanan guna memberikan informasi pengalihan arus kepada pengguna jalan yang akan melintasi ruas jalan ini," terang Sambo.

Sementara kepala Dishubkominfo Brebes, Mayang Sri Herbimo menegaskan bahwa untuk truck besar atau kendaraan berat dilarang melintas di jalur ciregol. "Kami juga sudah disiapkan pos untuk kooordinasi di Tegal dan Ajibarang, hal ini guna langkah antisipasi agar kendaraan berat tidak masuk ke jalur tengah. Kemudian kami juga telah siapkan filter pengawasan  di pintu jalan lingkar rancakalong Bumiayu dan di kawasan kutamendala Tonjong," tutup Mayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar