Rabu, 01 Juli 2015

Bulan puasa semangat penyadap meningkat

Darto Asper Bantarkawung
Bumiayu - Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantarkawung KPH Pekalongan Barat menyatakan, untuk perolehan getah selama bulan ramadhan 1346 H telah mengalami peningkatan yang cukup bagus dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

" Kami akui selama bulan puasa ini perolehan getah pinus mengalami peningkatan, dimana pada bulan biasanya sekitar 100 TON saja namun pada bulan puasa ini meningkat menjadi 140 TON," kata Darto selaku kepala BKPH/Asper Bantarkawung, Rabu (01 juli 2015).

Menurut Darto, peningkatan perolehan getah ini dipengaruhi oleh cuaca dan tingginya kebutuhan masyarakat selama bulan ramadhan serta menjelang lebaran. Sehingga para penyadap sangat antusias untuk menyadap dan berlomba memperoleh hasil sadapan sebanyak-banyaknya.

Saat ini untuk target perolehan getah untuk BKPH Bantarkawung sekitar 3.086, 351 TON dari luas hutan sekitar  6.025 hektar dengan jumlah pohon sadapan sebanyak 953.154 tegakan. Dari jumlah target tersebut, pihaknya menyatakan telah memperoleh sekitar 40,20 persen dan sampai lebaran nanti diperkirakan akan mencapai 50 persen lebih.

" Kami sangat optimis perolehan getah pinus kami akan meningkat dan memenuhi target, mengingat musim yang mendukung dan kebutuhan para penyadap meningkat. Hal ini akan sangat berdampak pada perolehan getah pinus," ujar Darto.

Dirinya menyatakan, dari lima RPH yang ada di naungan BKPH Bantarkawung yakni RPH Cikuning, Tambakserang, Telaga, Banjarsari dan Kalinusu, hanya baru satu RPH yang telah memperoleh target yakni RPH Banjarsari. Dimana untuk RPH Banjarsari dari target 644,612 Ton getah pinus, kini telah mencapai 50,6 persen atau 326,212 Ton.

" Keberhasilan dari RPH Banjarsari ini tidak terlepas dari upaya pembinaan yang selalu rutin dilaksanakan terhadap para penyadap yang ada," tutupnya. (D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar