Selasa, 28 Juli 2015

Kebutuhan guru masih 5000 lagi

Drs. Tarsono Hendri
Bumiayu - Kebutuhan guru PNS dari tahun ketahun semakin berkurang seiring dengan banyaknya guru PNS yang pensiun serta masih sedikitnya pengangkatan guru PNS baru, sehingga hal ini sangat mempengaruhi dalam kualitas dunia pendidikan itu sendiri.

" Saat ini untuk guru PNS yang ada di lingkungan UPTD Bumiayu berjumlah 310 orang dan jumlah itu akan terus berkurang seiring dengan beberapa guru yang akan purna tugas. Setiap tahun rata-rata untuk guru PNS yang purna tugas berkisar antara 20-25 orang dan ini perlu mendapatkan perhatian yang serius dari banyak pihak," Ungkap Rokhim MPd selaku ketua PGRI kecamatan Bumiayu, saat kegiatan halal bihalal PGRI, Selasa (28 Juli 2015) di pendopo 2 Bumiayu.

Rokhim mengatakan, idealnya kebutuhan guru PNS untuk setiap sekolah dasar itu sekitar 8 -10 guru PNS dan di kecamatan Bumiayu ini ada sekitar 53 SDN plus 4 SD Swasta. Jumlah tersebut meliputi 6 guru kelas, 3 guru pelajaran olahraga, muatan lokal, dan olahraga serta satu guru menjabat Kepala Sekolah, namun rata-rata SD hanya ada 3-5 guru PNS saja. Kemudian jika dihitung untuk kebutuhan guru PNS agar seluruh sekolah itu memiliki guru PNS yang ideal maka harus ada 400 lebih guru PNS, namun ternyata saat ini hanya tersisa 310 orang saja dan itu belum yang dikurangi yang purna.

"Untungnya saat ini ada banyak GTT dan PTT yang sedang mengabdi di setiap SD sehingga kebutuhan tenaga pengajar masih bisa tertolong. Namun disisi lain kami juga prihatin dengan nasib mereka yang hanya dibayar Rp. 200 - 300 ribu per bulannya, padahal kinerja mereka juga sama beratnya dengan mereka yang sudah PNS serta yang sudah sertivikasi," ujar Rokhim.

PGRI meminta kepada para anggota Dewan untuk peduli terhadap nasib para PTT dan GTT yang saat ini mengabdi disetiap sekolah dasar. Pihaknya juga berharap pengangkatan K2 yang ada di lingkungan kabupaten Brebes ini lebih memfokuskan kepada kebutuhan tenaga pengajar, karena bagaimanapun ini merupakan persoalan yang perlu mendapatkan prioritas.

Ketua PGRI Kabupaten Brebes, Drs Tarsono Hendri menyatakan, kebutuhan guru PNS memang sudah menjadi kebutuhan nasional yang perlu mendapatkan perhatian serius. Di kabupaten Brebes saja, dari jumlah awal sekitar 8000 guru PNS kini hanya tersisa 6000 saja dan kekurangannya masih banyak antara 4000-5000 guru PNS lagi, sementara untuk jumlah guru yang purna dalam sebulan mencapai 50 orang.

" Jika hal ini dibiarkan, kami khawatir kekurangan  guru PNS akan menjadi bom waktu, karena pada tahun 2020 mendatang akan terjadi pensiun masal dimana banyak guru PNS yang akan purna tugas," tuturnya. (D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar