Selasa, 25 November 2014

Desa Karangpari harumkan Brebes sebagai juara lomba desa ternak sehat

Meskipun baru meraih juara harapan 1 pada Lomba desa ternak sehat tingkat provinsi Jawa Tengah 2014, namun keberhasilan desa karangpari kecamatan Bantarkawung dalam lomba tersebut telah mengharumkan nama kabupaten Brebes dimata kabupaten lain.

Kepala desa Karangpari Joni Hermawan SIP mengatakan, terpilihnya desa karangpari sebagai perwakilan kabupaten Brebes untuk mengikuti lomba desa Ternak Sehat tingkat Provinsi ini, setelah tim Dinas perternakan kabupaten melakukan survei dan  melihat secara langsung potensi desa dari hasil lomba ternak sehat pada tahun 2013 lalu, yang kemudian dianggap layak untuk mewakili kabupaten Brebes ditingkat Provinsi.

Dan keberhasilan desa Karangpari pada lomba desa ternak sehat ini, tentunya tak terlepas dari dukungan dan bimbingan dari jajaran Dinas peternakan, Dinas Kesehatan dan Kantor lingkungan Hidup kabupaten Brebes juga peran serta pemerintah kabupaten Brebes itu sendiri.

" Selama 2 tahun, kami selalu dibina secara intens dalam hal pengelolaan hewan ternak yang baik. Kamipun diajarkan bagaimana tata kelola kandang yang sehat dan cara pengolahan limbah dari hewan ternak tersebut," ujar Joni.

Menurut Joni, selain juara harapan 1 Lomba desa ternak sehat tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2014, desa karangpari juga berhasil meraih juara 3 kelompok tani ternak tingkat provinsi dengan adalan sapi jabres yang merupakan salah satu sumberdaya genetik ternak (SDGT) lokal khas kabupaten Brebes.

Dirinya sangat yakin jika potensi ini terus dibina dan didukung terus oleh pemkab Brebes bersama dinas-dinas terkait, kedepan desa Karangpari bisa meraih 3 besar untuk tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

" Kami akui poin kekalahan yang bisa jadi pengalaman yakni cara pengelolahan limbah agar punya nilai manfaat yang lebih besar. Di kabupaten tetangga pengolahan limbah hewan ternak ini mampu menjadi sebuah bahan bakar yakni bio gas dan hal ini perlu kita tiru serta kita kembangkan," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar