Kamis, 27 November 2014

Ratusan limas diberikan pembekalan

Sedikitnya 300an anggota perlindungan masyarakat (Linmas) dari enam kecamatan seBrebes selatan mendapatkan pembinaan dan pelatihan serta penyerahan seragam linmas baru dari Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) kab Brebes, pada Rabu (26/11/14) di pendopo 2 Bumiayu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Brebes, Drs Budi Darmawan MSi mengatakan, kegiatan pembinaan anggota linmas ini dalam rangka pengendalian ketertiban dan keamanan desa/kelurahan di Kabupaten Brebes. Dalam kegiatan tersebut para anggota linmas diberikan pengertian serta pemahaman akan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai anggota Linmas dilingkungan masyarakat.

" Linmas merupakan ujung tombak ketertiban masyarakat dilingkungan desanya sendiri, sehingga setiap anggota linmas harus tahu dan faham akan tupoksinya, jangan sampai Linmas hanya dijadikan keamanan saat acara hajatan bahkan terkadang malah disuruh untuk ikut membungkus nasi brekat," kata Budhi dihadapan ratusan anggota linmas.

Dalam kesempatan tersebut Budhi menyampaikan, dalam waktu dekat dari sekitar 10 ribu anggota Linmas yang ada di kabupaten Brebes akan segera dibuatkan KTA guna mempermudah dalam pendataan dan mengantisipasi pergantian seenaknya  linmas baru bagi para kepala desa yang baru. " Berdasarkan pengalaman, bahwa banyak kepala desa baru yang langsung mengganti para anggota linmas yang bukan pendukungnya. Jika sudah memiliki KTA linmas, mereka bisa kita lindungi haknya," ungkap Budhi.

Budhi menambahkan, Sekarang ini di kabupaten Brebes telah ada enam petugas Linmas cantik  dan pengrekrutan Linmas perempuan itu sebenarnya untuk menghilangkan kesan kalau Linmas itu garang. Linmas sekarang ini bukan lagi menggunakan otot dalam mengatasi suatu persoalan/masalah dalam masyarakat tetapi sudah saatnya Linmas menggunakan kelembutan dan pendekatan persuasif.
"Kami tahu bahwa perempuan itu kan biasanya lebih halus, fleksibel, dan luwes saat berkomunikasi dengan masyarakat, sehingga ini akan memudahkan dalam mencari solusi terbaik dari setiap permasalahan," pungkas Budhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar